Cara Mengatasi Asam Urat

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi asam urat agar tidak semakin meningkatkan produksinya. Dalam mengatasi asam urat harus lah mematuhi dan mendisiplikan pola hidup yang baik, teratur dan menu makanan yang rendah purin dan meghindari kebiasaan buruk.

Pola hidup kurang olahraga, konsumsi makanan yang berlemak, berkadar gula tinggi, daging merah, jeroan, santan, dan makanan yang bersifat asam laktat, sitrat, nitrat dan piruvat yang dikenal sebagai asam urat. Meskipun tidak ada keluhan gout, jika kadar asam urat pada laki-laki dari 7 mg/dl dan pada perempuan lebih dari 6 mg/dl, perlu dilakukan upaya penurunan asam urat sebagai langkah pencegahan terjadinya serangan lebih lanjut.

Berikut cara mengatasi asam urat, antara lain :

1. Menghindari makanan kaya purin

Makanan yang dapat menaikkan kadar asam urat darah adalah makanan yang mengandung protein tinggi karena protein dapat meningkatkan pembentukan purin di dalam tubuh. Berdasarkan kandungan purinnya, bahan makanan digolongkan sebagai berikut :

a. Mengandung purin tinggi (golongan A)

Jeroan seperti hati, ginjal, otak, jantung dan paru dari semua ternak; abon dan dendeng sapi; makanan laut seperti udang, remis, dan kerang; ragi (tape); alkohol; ikan kalengan; serta berbagai makanan dalam kaleng lainnya yang sudah melalui proses pengawetan.

b. Mengandung purin sedang (golongan B)

Ikan, daging sapi, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, aspargus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya dan kangkung.

c. Mengandung purin ringan (golongan C)

Keju, susu, telur, sayuran selain yang telah disebutkan di atas dan buah-buahan kecuali durian, nanas, dan alpukat.

2. Menghindari alkohol

Selain sebagai sumber purin, alkohol juga dapat menghambat pembuangan purin melalui ginjal. Hal itu karena alkohol dapat menekan sistem syaraf pusat yang dapat mengakibatkan kerja organ-organ lain terganggu. Karena itu penderita asam urat tidak dianjurkan mengkonsumsi alkohol.

3. Banyak minum air putih

Pasien asam urat juga dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih. Air putih dapat memperbanyak volume air seni yang dapat membantu mengeluarkan asam urat melalui urine tersebut. Jumlah air kemih yang dikeluarkan sebanyak 2 liter atau lebih setiap harinya akan membantu pembuangan urat dan meminimalkan pengendapan urat dalam saluran kemih. Karena itu, penderita asam urat dianjurkan untuk minum air lebih dari 2 liter per hari.


=====================================

>>> Obat Herbal Asam Urat Untuk Membantu Meredakan Pegal Linu, Nyeri Sendi Dan Membantu Menurunkan Kadar Asam Urat, Klik Detail Disni!
=====================================


This entry was posted in Mengatasi Asam Urat and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *